Rabu, 22 Januari 2020

PAMERAN KARYA SENI RUPA

KARYA SENI RUPA 2 DIMENSI
1. KARYA LUKISAN

Judul                          : The Weeping Woman
Seniman                    : Pablo Picasso
Media                         : Cat Minyak
Teknik                        : Lukis
Ukuran                       : 60cm x 49cm
Tahun Pembuatan     : 26 Oktober 1937
Deskripsi                  :Lukisan ini menggambarkan penderitaan serta kematian korban-korban di Guernica

2. KARYA KALIGRAFI

Deskripsi                              :Karya Syaiful Adnan “Fiisabillaah” (1977) ini merupakan lukisan kaligrafi Arab yang mengungkapkan ayat Alquran. Secara visual, kaligrafi itu bisa dilihat dekat dengan bentuk dasar khat Kufi yang memiliki karakter menyiku dan menyudut. Akan tetapi, Syaiful Adnan telah menggubah kaligrafinya dengan gaya pribadi yang artistik dan khas dalam bentuk-bentuk yang menyerupai pedang yang tajam. Surat Alhujaraat ayat 15 ditampilkan dalam latar putih dengan bidang-bidang tekstural dan garis-garis retak yang memberi kesan arkhaik. Rangkaian tandatanda visual itu mencitrakan lembaran naskah suci keramat yang diletakkan pada latar belakang warna redup hijau lumut.
Pada tahun 1970-an, kaligrafi Arab yang menggungkapkan ayat-ayat suci Al-qur'an marak menjadi idiom Islami dalam seni lukis modern Indonesia.  Hal itu sejalan juga perkembangan seni lukis abstrak dan simbolis yang merepresentasikan nilai-nilai dan norma islami.  Fenomena tersebut itu sebenarnya sejalan dengan gelombang pasang keimanan di seluruh dunia Islam pada tahun 1970-an di Indonesia pasca tumbangnya ideologi komunisme.  Perkembangan seni lukis kaligrafi selanjutnya dipertegas dengan pameran-pameran berskala nasional dan Festival Istiqlal yang sangat signifikan. Sejak masa itulah Syaiful Adnan muncul sebagai pelukis kaligrafi yang sangat potensial.
Dalam karya ini, terkandung makna sesuai dengan surat Alhujaraat ayat 15 yang menjadi pokok lukisan. Orang-orang mukmin adalah mereka yang beriman pada Allah dan Rasul-Nya, kemudian tiada ragu-ragu berjuang di jalan Allah dengan harta dan diri mereka. Perjuangan itu misalnya dengan mendirikan masjid atau usaha penyebaran dakwah Islam.

3. KARYA POSTER
Judul                                    : Rosie the riveter
Seniman                               : J. Howard Miller
Media                                   : Kertas
Teknik                                  : Lukisan
Ukuran                                 : 46 cm x 61 cm
Tahun Pembuatan               : 1970
Deskripsi                               : Inspirasi poster ini berasal dari Geraldine Doyle saat ia bekerja sebagai buruh di pabrik tersebut di berusia 17 tahun. Uniknya, ia baru mengetahui bahwa ilustrasi dalam poster tersebut adalah dirinya setelah berumur 60 tahun.

Poster ini mengajak perempuan pada zaman itu untuk bekerja membuat alat-alat perang menggantikan pegawai laki-laki yang ditarik ke militer untuk berperang. Meskipun baru dikenali secara luas sekitar tahun 1970, poster ini memulai propaganda kesetaraan wanita di tempat kerja


4. Karya Relief
Hasil gambar untuk relief stone mountain park
Judul                              : Stone Mountain Park
Karya                             : Georgia
Ukuran                           : 514 m
Media                             : Batu
Teknik                            : Ukiran dan Pahat
Location                         : Amerika Serikat
Tahun Pembuatan          : 1958

Deskripsi                       : Relief ini termasuk relief yang terbesar di dunia, pahatan tersebut memiliki makna yang mendalam untuk menghormati 3 pahlawan Konferedesi Perang Sipil yaitu Presiden Jefferson Davis, Jendral Robert E.Lee dan Thomas J.Jackson

5. Karya Fotografi

Judul                          : Sindoro Mountain

Fotografer                  : Fendra Zakia A.N

Media                         : Asus Zenfone max pro M2

Teknik                        : Fotografi

Ukuran                       : 4000 x 3000 pixel

Tahun Pembuatan   : 9 Maret 2019

Deskripsi                   : Foto yang saya ambil di bukit sikunir pada pukul 04.00 pagi



KARYA SENI RUPA 3 DIMENSI


1. KARYA PATUNG
Hasil gambar untuk liberty
Judul                          : Patung Liberty

Seniman                    : Frederic Auguste Bartholdi, dan Gustave Eiffel

Media                         : Perunggu

Teknik                       : Cor

Ukuran                      : 96 m

Tahun Pembuatan  : 1883

Deskripsi        :patung berukuran raksasa yang terletak di Pulau Liberty, di muara Sungai Hudson di New York Harbor, Amerika Serikat. Patung ini dihadiahkan Prancis untuk Amerika Serikat pada akhir abad ke-19 dan merupakan suatu simbol selamat datang untuk pengunjung, imigran dan orang Amerika yang kembali.

Patung perunggu yang diresmikan pada tanggal 28 Oktober 1886 ini merupakan hadiah seratus tahun kemerdekaan Amerika Serikat dan merupakan ungkapan persahabatan antara kedua negara.[7] Pemahat patung adalah Frederic Auguste Bartholdi, dan Gustave Eiffel (desainer Menara Eiffel) merancang struktur penyangga dalamnya. Patung Liberty adalah salah satu lambang AS yang paling terkenal di seluruh dunia, dan melambangkan kemerdekaan dan kebebasan dari tekanan

2. KARYA ARSITEKTUR
Judul                         : Burj Khalifa
Seniman                    : Skidmore, Owings, Merril
Media                        : Besi
Teknik                        : Rakit
Ukuran                      : 828 m
Tahun Pembuatan  : 4 Januari 2010
Deskripsi                   :Burj Khalifa (bahasa Arab برج خليفة yang berarti 'Menara Khalifa'), sebelumnya bernama Burj Dubai, adalah sebuah pencakar langit di Dubai, Uni Emirat Arab yang diresmikan pembukaannya pada 4 Januari 2010. Ketinggian pencakar langit ini adalah 828 meter (2.717 kaki).

Menjulang setinggi 828 di atas Dubai dan saat ini menjadi gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa melambangkan perpaduan antara seni, keahlian teknis, dan warisan budaya. Gedung tersebut terdiri atas kantor dengan luas ratusan meter, 900 tempat tinggal pribadi, Armani Hotel dengan 160 kamar. Tambahan terbaru adalah TopSKY, ruang observasi pemecah rekor di lantai 148. Fasilitas Burj Dubai super lengkap. Ada 4 lantai yang khusus untuk sarana kebugaran dan wisata. ada klub cerutu. Restoran di Lantai 122 . Dilengkapi juga teropong tertinggi di dunia di lantai 124 pada ketinggian 442 meter plus layar digital untuk melihat pemandangan Kota Dubai. Namun, Anda benar benar tidak bisa sampai di puncak gedung ini karena lantai yang bisa dihuni hanya sampai ketinggian 636 m

3. Karya Keramik

Judul                            : Keramik Hijau Goryeo
Seniman                       : Bernard Leach
Ukuran                         : Tinggi 74 cm dan Diameter 30 cm
Media                           : Tanah liat
Teknik                          : Cetak

Tahun Pembuatan        : 2013
Deskrepsi                     : Karya ini dibuat dari bahan tanah liat, keramik ini dibuat sedemikian cantik untuk memenuhi nilai estetika agar bisa dinikmati keindahannya. Keramik ini biasanya dibuat untuk memenuhi sudut ruangan maupun halaman.

4. Karya Desain Produk

Judul                            : Produk tisu berbentuk buah-buahan
Desainer                       : Kazuaki Kahawara
Ukuran                         : 25 cm x 11 cm
Media                           : Tissue
Tahun Pembuatan        : Tahun 2016
Deskrepsi                     : Karya Desain Grafis ini dibuat agar memikat para hati konsumen. Produk tisu bentuk Seperti buah-buahan ini terbilang berbeda dan unik karena pada umumnya tisu umumnya berwarna putih namun kazuaki kahawara mempunyai ide kreatif untuk membuat tisu berbentuk buah buahan.

5. Karya seni kriya
Judul                        : Menuju Langit
Seniman                  : Kelompok 4 XII Mipa 3
Media                      : Semen
Teknik                     : Cetak
Ukuran                    : Diameter 25cm, Tinggi 15 cm
Tahun Pembuatan   : 2019 M

Deskripsi               : Karya kriya ini merupakan sebuah pot bunga yang dibuat dengan adonan semen yang dicetak dan dikeraskan dengan variasi bentuk daun serta menggunakan pewarnaan yang menyerupai langit dengan tujuan memberikan kesan sesuatu yang luas, indah dan mampu menarik perhatian.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar